Laptop gaming terbaik ROG Strix Scar 17 Special Edition

Mengapa Merek Laptop Gaming Terbaik 2023 adalah ASUS ROG?

Posted on

Laptop Gaming Terbaik

Banyak orang yang mengira jika fungsi dari laptop gaming hanya untuk main games saja. Namun sebenarnya laptop gaming terbaik pun dapat dipakai untuk belajar dan bekerja. Laptop gaming memang berbobot berat dan memakan banyak energi listrik, tapi kalau melihat spesifikasinya yang canggih maka wajar dan cocok untuk mengerjakan pekerjaan ringan maupun berat.

Apa Itu Laptop Gaming?

Laptop gaming adalah istilah pada dunia teknologi komputer untuk klasifikasi laptop yang bisa untuk dipakai berbagai berbagai game berat yang memang membutuhkan spesifikasi hardware di atas rata-rata.

Laptop gaming memiliki spesifikasi tinggi yang membuatnya memiliki kelas berbeda dibandingkan laptop biasa. Keunggulan dari laptop gaming adalah memiliki kemampuan memproses data-data grafis yang akurasi dan presisi tinggi.

Kenapa Disebut Laptop Gaming?

Jika membicarakan mengenai laptop gaming, mungkin banyak orang yang menganggap laptop hanya dapat dipakai untuk main game. Namun, sebenarnya tidak. Laptop gaming sama dengan laptop umumnya tapi mempunyai kemampuan berbeda dan tak hanya untuk main game.

Lalu, mengapa disebut laptop gaming? Tentu salah satu alasannya karena game dijadikan sebagai patokan sehingga laptop harus mempunyai spesifikasi canggih. Laptop gaming pun mempunyai kelebihan bisa menjalankan program apa saja dengan kualitas terbaik daripada laptop biasa.

Apa Manfaat Laptop Gaming?

Laptop gaming meski spesifikasinya untuk bermain game, tapi ternyata dapat digunakan untuk pekerjaan. Selain itu, laptop ini juga cocok bagi pelajar dan mahasiswa untuk belajar karena performanya yang mumpuni. Laptop gaming pun bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi standar belajar dan bekerja, termasuk aktivitas desain dan juga multimedia standar.

Apa Spesifikasi Laptop Gaming yang Umum di Pasaran?

Apa Spesifikasi Laptop Gaming yang Umum di Pasaran?
1. Layar
Layar laptop gaming biasanya mempunyai resolusi tinggi sehingga piksel yang bisa dimunculkan lebih banyak. Dengan resolusi dan piksel tinggi antara 1440 sampai 4K, maka pengalaman main game secara visual akan manjakan para penggunanya.
Kecepatan refresh rate pun sangat diperhatikan pada laptop ini sehingga pergerakan gambar lebih halus. Biasanya kecepatan refresh rate laptop gaming adalah 120 – 133 Hz, atau bahkan lebih tinggi.
Pengalaman visual laptop gaming dilengkapi ukuran layar lebih besar dari laptop biasa, mulai dari 13 sampai 17 inci.
2. CPU dan GPU
Spesifikasi CPU tersering disebut yakni jumlah inti dan kecepatan clock, tapi banyak atribut lain yang memiliki peran, termasuk overclocking 3.
Dapur pacu utama atau GPU pada laptop gaming setidaknya mempunyai kecepatan frame dan resolusi, kecepatan konsisten refresh layar, sampai fitur pelacakan cahaya. Jika Anda ingin main game beresolusi 1440p, CPU dan GPU kuat adalah keharusan. Resolusi lebih tinggi artinya lebih banyak piksel di layar: menjalankan game beresolusi 4K, seperti, memakai empat kali lipat piksel daripada resolusi standar 1080p.
3. RAM
Laptop gaming perlu dibekali kapasitas penyimpanan dan RAM besar mampu untuk baca data cepat. Biasanya laptop gaming menggunakan media penyimpanan SSD karena lebih cepat membaca data. Sementara RAM biasanya memakai yang berkapasitas 32 GB atau menyesuaikan berbagai game yang ingin dimainkan.
Perbedaan Antara Laptop Gaming vs Laptop Biasa?
4. Performa
Laptop gaming dibekali performa kencang pada kelasnya dengan dukungan prosesor paling bari yang memakai TDP tinggi dan ditandemkan dengan GPU diskrit powerful. Ini supaya performa laptop mampu memainkan game terbaru dengan setting grafis yang para gamer harapkan.
Sementara laptop biasa cenderung dibekali prosesor hemat energi dengan TDP 15W-25W dan didukung GPU yang terintegrasi. Bahkan beberapa laptop dibekali GPU diskrit low-end.
5. Solusi Pendinginan
Laptop gaming dibekali CPU dan GPU kelas atas yang bisa hasilkan panas tinggi, sehingga dibekali sistem pendinginan termutakhir yang vendor miliki. Sementara laptop biasa menghasilkan panas tak terlalu tinggi, sehingga dibekali cukup dengan solusi pendinginan standar heatsink serta kipas, bahkan beberapa seri tanpa kipas atau fanless.
6. Daya Tahan Baterai
Laptop gaming biasanya dibekali baterai kapasitas besar, tapi cukup boros dengan daya sekitar 4 jam saja. Ini tidak lepas dari komponennya yang haus daya. Sementara laptop biasa mempunyai daya tahan baterai lebih lama, yang bahkan seri premium bisa lebih dari 8 jam daya tahan baterainya.
7. Layar
Laptop gaming biasanya unggul pada layar dengan respon cepat serta refresh rate tinggi supaya animasi game berjalan dengan mulus. Sementara layar laptop biasa dibekali refresh rate yang standar. Namun, untuk seri premium, terkadang dibekali layar dengan akurasi warna tinggi seperti OLED.

Selain untuk Gaming, laptop Gaming Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Laptop gaming memang dari namanya diperuntukkan untuk bermain game. Namun, laptop ini sebenarnya bisa dipakai juga untuk bekerja. Pekerjaan yang biasanya memakai laptop ini seperti edit dan render video atau pekerjaan grafik yang memerlukan spesifikasi tinggi. Laptop ini juga bisa dipakai untuk mengerjakan aktivitas desain serta multimedia standar.

Mengapa Laptop Gaming Mahal?

Laptop gaming memang dibanderol dengan harga tinggi dan lebih mahal dibandingkan laptop biasa. Hal itu bukan tanpa sebab. Ada sejumlah alasan mengapa laptop gaming berharga mahal, yakni:
1. Spesifikasi GPU Tinggi
2. Spesifikasi CPU Tinggi
3. Kapasitas RAM Tinggi
4. Mempunyai sistem pendingin lebih baik
5. Spesifikasi Layar Lebih Besar dan tinggi

Mengapa Laptop Gaming Tebal?

Seperti yang disebutkan di atas, laptop gaming membutuhkan solusi pendinginan yang baik. Supaya laptop gaming memiliki pendinginan baik, maka laptop ini pun dibuat lebih tebal untuk berikan ruang lebih supaya udara panas CPU dan GPU bisa dibuang keluar dan bersirkulasi dengan baik.

Apakah Laptop Gaming Boros Baterai?

Apakah laptop gaming lebih boros baterai? Jawabannya iya.
CPU dan GPU yang dipakai pada laptop gaming berbeda dengan laptop biasa, di mana CPU dan GPU yang dipakai lebih powerful. Namun karena itu, konsumsi daya prosesor yang digunakan akan lebih besar. Hal itu mengakibatkan, daya baterai juga akan lebih cepat untuk terkuras. Jadi, jika laptop gaming yang kamu punya boros baterai, sebenarnya adalah hal wajar.

Berapa Banyak Memori yang Anda Butuhkan untuk Gaming?

Jumlah RAM yang disarankan untuk bermain game adalah 16 GB. Jumlah ini akan berikan peningkatan jelas pada performa dibandingkan RAM 8 GB. Kamu pun akan bisa menjalankan aplikasi pada latar belakang tanpa memberikan pengaruh pada jalannya permainan.

Berapa RAM Laptop Gaming yang Paling Ideal?

RAM laptop gaming yang ideal adalah dari 4GB. Game dengan requirement 4GB tergolong pada game universal. Bahkan, di tahun 2020, banyak game keren hanya butuh RAM 4GB meskipun grafis tidak terlalu istimewa, tapi gameplay cukup menarik.

Prosesor Gaming Apa Saja?

Untuk performa game level pemula, yakni Prosesor Intel® Core™ i3.
Untuk performa game level menengah, yakni Prosesor Intel® Core™ i5.
Untuk performa game level tinggi, yakni Prosesor Intel® Core™ i7.
Untuk performa game level paling tinggi, yakni Prosesor Intel® Core™ i9

Berapa Lama Baterai ROG Bertahan?

Tidak hanya bobot yang ringan, laptop ROG mempunyai daya tahan baterai cukup baik. Salah satunya laptop gaming ASUS ROG Zephyrus G14 yang memiliki daya tahan baterai terbaik hingga 10 jam untuk sekali pengisian daya.

Apa Saja Masalah yang Sering Terjadi Pada Laptop Gaming dan Bagaimana Solusinya?

1. RAM Overload

Ini bisa diatasi dengan melakukan End Task pada berbagai program yang tak dipakai. Jika dirasa lag, bisa bersihkan RAM dulu atau jika dibutuhkan bisa menambah kapasitas RAM.

2. Motheboard Bermasalah

Untuk mengatasinya, kamu bisa restart ulang dan mengecek apakah ada program bawaan yang rusak. Jika kamu sudah temukan kerusakan program, hapus segera dan install kembali versi terbaru.

3. Cepat Panas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop cepat panas yaitu debu yang menempel, fan rusak, GPU rusak.
Efek dari laptop cepat panas adalah laptop mati tiba-tiba atau restart sendiri.
Untuk memastikan laptopmu berjalan dengan suhu normal yaitu dengan cara menginstall dan menjalankan tools monitoring suhu. Ada beberapa nama tools monitoring suhu laptop diantaranya Real Temp, HWMonitor, Speed Fan, Open Hardware Monitor, Core Temp dan lainnya.
Setelah kamu mengetahui komponen apa yang memiliki panas berlebihan segeralah bawa ke tempat service laptop terpercaya.

4. Baterai Cepat Drop

Salah satu penyebab baterai cepat drop adalah penggunaan yang berlebihan sehingga memperpendek usia baterai.
Kamu bisa mendeteksinya dengan mengecas laptop sampai penuh lalu kabel cas dilepas. Lalu pakai laptop seperti biasa,
jika status baterai berkurang hingga 60% kurang dari 1,5 jam pemakaian maka bisa kamu curigai baterainya sudah lemah dan perlu segera diganti baru.
Saat ingin membeli baterai baru pastikan spesifikasi baterainya sesuai dengan baterai saat ini agar tidak terjadi masalah nantinya.

5. Software Berjalan Lambat dan Terkadang Ngelag

Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop lambat atau ngelag yaitu Windows error, software error, virus, malware, hard disk rusak, RAM rusak, GPU rusak, dan motherboard rusak.
Solusi jika Windows dan software error maka bisa kamu install ulang. Solusi jika terserang virus, malware maka kamu bisa install dan scan seluruh Hard Disk. Solusi untuk RAM, GPU dan Motherboard rusak bisa kamu bawa ke tempat service laptop terpercaya.

5 Laptop Gaming Terbaik

Ada banyak laptop gaming saat ini di pasaran. Nah, di sini akan membahas 5 merek laptop gaming terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk kamu.
1. Acer Predator Nitro AN515-52

• Prosesor: Intel Core i5-8300H
• Penyimpanan: 1 TB
• Grafis: Nvidia GeForce GTX 1050
• RAM: 8GB DDR4
• Layar: 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 px

Laptop gaming terbaik Acer Predator Nitro AN515-52

Laptop ini adalah laptop yang cukup populer di kalangan gamers. Pasalnya, body laptop ini yang cukup elegan dan kokoh lengkap dengan warna hitam-merah. Ditambah dengan prosesor canggih dan grafis GTX 1050 berkecepatan 1354 MHz hingga1455 Mhz, pengalaman bermain game pastinya akan semakin nyaman. Temperatur suhu pun akan selalu terjaga dengan teknologi Acer Coolboost.

2. ROG Zephyrus G14 (GA402)

• Prosesor: AMD Ryzen 9 6900HS
• Penyimpanan: 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
• Grafis: AMD Radeon™ RX 6800S
• RAM: 1x16GB DDR5 4800MHz
• Layar: 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10

 

Laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14

Harga laptop Asus ROG ini dibanderol 30 jutaan. Laptop ini banyak diburu karena memiliki desain apik. Beratnya 1,7 kg dan logo di pojok kiri atas membuatnya tampak berkelas.

Selain segi desain yang menarik, performa Asus ROG ini tak perlu diragukan untuk main game. Prosesor AMD Ryzen 9 5900HS dan juga grafis RTX 3060 dari Nvidia, membuat performa bermain game menjadi semakin seru.

3. MSI GL52M7RC

• Prosesor: Intel Core i7-7700HQ
• Penyimpanan: 1 TB
• Grafis: Nvidia GeForce MX 150
• RAM: 8GB DDR4
• Layar: 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 px

Laptop gaming terbaik MSI GL52M7RC

Laptop ini adalah salah satu laptop yang para pro player gemari karena memiliki performa prosesor yang mumpuni. Dengan prosesor generasi ke tujuh berkecepatan 2.80GHz hingga 3.80GHz, performa main game menjadi semakin smooth dan cepat. Selain prosesor canggih, dukungan grafis Nvidia MX 150 pun akan membuat performa main game makin seru.

4. ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C)

• CPU: 12th Gen Intel Core i9-12950HX Processor 2.3 GHz
• Graphics: NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti
• Screen: 17,3-inci WQHD (2560 x 1440) 16:9
• RAM: 2x16GB LPDDR5
• Penyimpanan: 2TB M.2 2230 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

 

Laptop gaming terbaik ROG Strix Scar 17 Special Edition

Memang laptop Asus gaming yang ringan dan tipis akan menyenangkan dibawa kemana saja. Namun, bagi kamu yang tak masalah dengan bobot cukup berat, Asus ROG ROG Strix Scar 17 SE adalah salah satu laptop gaming terbaik. Laptop ini dirancang untuk melahap semua game terbaru.

Laptop Asus ROG ini memiliki tampilan kerren namun tangguh. Tebalnya 2.34 ~ 2.83 cm dan mencapai 3.10 Kg. Laptop ini dibekali prosesor 12th Gen Intel Core i9-12950HX serta kartu grafis GeForce RTX 3080 Ti. Selain itu, dibekali juga Windows 11 Home.

Kinerja laptop ini sangat solid untuk main game. Kalau ngomongin soal harganya yang sekitar 40 jutaan, pantaslah kalau laptop ini adalah salah satu laptop termahal dibandingkan pesaingnya. Harga Asus ROG ini pun cukup kompetitif dan sesuai dengan spesifikasi dan fungsinya.

5. HP Pavilion 15-CX0056WM

• Prosesor: Intel Core i5 8300H
• Penyimpanan: 1 TB
• RAM: 8GB DDR4
• Grafis: Nvidia GeForce GTX 1050 Ti
• Layar: 15.6 Inci dengan Resolusi full HD 1920 x 1080 px

Laptop gaming terbaik HP Pavilion 15-CX0056WM

Selanjutnya ada HP Pavilion 15-CX0056WM. Laptop ini mempunyai keunggulan yang tidak kalah dengan brand laptop gaming lain.

Memiliki prosesor berkecepatan mencapai 2.30 GHz hingga 4.00 GHz. Dengan prosesor tersebut, main game akan bisa lebih cepat. Ditambah grafis GTX 1050 Ti dari Nvidia, tampilan layar bisa menjadi lebih jelas.

Mengapa Laptop Gaming Terbaik Adalah ASUS ROG?

1. Desain Menawan
Desain yang digunakan pada Asus ROG selalu inovatif dan keren. Hanya dengan lihat desain bagian luar, kamu sudah dapat mengetahui performa dan kualitas laptop yang jauh di atas rata-rata.
2. Kualitas Layar
Di semua varian ROG, layar panel sudah memakai wide view. Ini membuat akurasi dan ketajaman layar untuk bermain game sangat baik.
Resolusi nyaman full HD sampai 4k dapat dinikmati pada produk gaming ini. Kualitas layar tersebut tentunya akan membuat pengalaman main game menjadi lebih menyenangkan.
3. Performa yang Gahar
Jika membahas tentang performa, tidak perlu untuk diragukan. Mulai dari series GL sampai GX bisa melibas habis berbagai game berat.
Kualitas graphic pun tak main-main sehingga tampilan game akan terlihat smooth, lancar, dan tentunya anti lambat. Bahkan, ditambah prosesor RAM DDR4 dan SSD yang akan membuat loading sangat cepat.
4. Terus Berinovasi
Salah satu keunggulan utama ROG adalah pada inovasi. Dapat dikatakan Asus berani sekali melakukan inovasi terhadap produk gaming.
Contohnya, ROG GX501 Zephyrus yang sudah diberikan teknologi water cooling. Bahkan, teknologi tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Best of Innovation CES pada tahun 2017 silam.
5. Ada Garansi
Proses pembuatan ROG pastinya melalui berbagai macam pengujian. Contohnya, seperti dijatuhkan dari ketinggian, tekanan pada keyboard, menerima guncangan, serta berbagai pengujian lainnya.
Semua hal tersebut dilakukan untuk berikan produk berkualitas terbaik pada para konsumen setia. Supaya lebih meyakinkan, Asus pun berikan garansi sampai 2 tahun jika terjadi masalah teknis.
Begitulah sejumlah alasan mengapa Asus ROG jadi salah satu laptop gaming terbaik. Tidak hanya kualitas performa menawan, pihak Asus pun menonjolkan tampilan luar desain yang menawan. Dengan kombinasi tersebut, Asus ROG bisa berhasil merajai pasar gaming dunia hingga sekarang dengan harga laptop ROG mulai dibanderol dari yang cukup terjangkau hingga cukup mahal.

Laptop Gaming ASUS ROG Bisa Main Game Apa Saja?

Ada cukup banyak game yang bisa dimainkan Asus ROG. Namun, di sini hanya beberapa game di laptop Asus saja yang akan disebutkan, seperti:
1. Battlefield V
2. Player Unknowns Battlegrounds (PUBG)
3. Assassins Creed: Odyssey
4. Counter Strike: Global Offensive

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan mengenai laptop gaming terbaik dan beberapa laptop direkomendasikan. Salah satu laptop gaming terbaik adalah Asus ROG. Berbagai macam keunggulan dimilikinya. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak informasi tentang Asus ROG di website resminya, rog.asus.com/id/.

Sekarang ini bermain game tidak hanya untuk kesenangan saja, tapi bagi beberapa orang adalah sebagai sumber penghasilan dan akhirnya bergabung pada Komunitas gaming terbesar di Indonesia. 

Dan ternyata di Indonesia ada 116 juta gamers dan usia mereka berkisar mulai 10 – 50 tahun serta berpendidikan menengah hingga pendidikan tinggi.

Bang RD berpengalaman sebagai praktisi dibidang IT dan Digital Marketing lebih dari 15 tahun. Antusias dengan perkembangan dunia Teknologi Digital.